Login | Home | Kontak Kami | Buku Tamu
English Version   
Kebijakan
Strategi & Program

Perpustakaan
Referensi
Klipping
Proceeding
Bibliografi
Produk Coremap
Audio-Video
Photo

Metadata
Database Personal
Pelatihan
Kawasan Konservasi

Karang Batu
Karang Lunak
Sponge
Ikan Karang
Moluska
Echinodermata
Udang
Kepiting
Lamun
Rumput Laut
Mangrove

Education Series
Komik Edukasi

Baseline
Monitoring
Riset Agenda
CREEL
Konservasi Laut Daerah
Wisata Bahari

Kamus Karang
Daftar Singkatan
Panduan
Download
E-Book
 

















Anda Pengunjung ke

05867895

Sejak Mei 2007

ARTIKEL - KEGIATAN
Kegiatan Partisipasi : Pemberian Materi Pengenalan Terumbu Karang Di Perkemahan Raimuna Nasional Tahun 2008
04 Juli 2008

Gerakan Pramuka merupakan wadah proses pendidikan melalui kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 7 sampai dengan 25 tahun dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu sebagai Pramuka Siaga (7 - 10 tahun), Pramuka Penggalang (11 - 15 tahun), Pramuka Penegak (16 - 20 tahun) dan Pramuka Pandega (21 - 25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Raimuna.

Raimuna adalah kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan Perpanitra (Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Puteri-putera), Peran Saka (Perkemahan antar Satuan Karya) dan Perkemahan Wirakarya. Sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Sesuai dengan Program Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2008, kegiatan Perkemahan Raimuna Nasional Tahun 2008 diselenggarakan tanggal 27 Juni sampai dengan 7 Juli 2008 di Bumi Perkemahan Cibubur yang diikuti Pramuka Penegak dan Pandega putra/putri dari seluruh Indonesia sebanyak 11.000 orang peserta.

Bidang Pendidikan CRITC COREMAP II – LIPI ikut berpartisipasi dalam Perkemahan Raimuna Nasional Tahun 2008 di Bidang Saka Bahari sebagai narasumber pemberian materi kelautan dengan tema “Lautku Masa Depanku, Pengenalan dan Pelestarian Terumbu Karang” pada hari Selasa 1 Juli 2008 pukul 19.30 – 21.00 WIB di sanggar Saka Bahari Buperts Cibubur, Jakarta Timur.

Pemutaran film berjudul “Nasib Terumbu Karang di Tangan Anda!” menjadi media pembuka sebagai salah satu cara untuk menarik minat dan konsentrasi peserta. Film ini mendeskripsikan biota karang beserta ekosistemnya di terumbu karang, juga aktivitas keseharian manusia yang berdampak positif ataupun negatif terhadap keberlangsungan hidup ekosistem pesisir laut.

Setelah pemutaran film, dilanjutkan dengan presentasi penyampaian materi oleh narasumber. Sessi diskusi adalah bagian acara yang paling menarik, karena para peserta merasa tidak setuju dengan penjelasan narasumber yang menyatakan bahwa karang merupakan kelompok hewan. Para peserta berpendapat bahwa karang termasuk ke dalam kelompok tumbuhan, karena bisa berfotosintesis serta dapat dicangkok layaknya tumbuhan.

Sang narasumberpun terus berupaya meyakinkan peserta dengan penuh kesabaran, bahwa biota karang termasuk ke dalam kelompok hewan, karena memiliki alat gerak berupa tentakel. Mengenai kemampuan karang yang bisa berfotosintesis, hal ini disebabkan adanya hubungan simbiosis mutualisme antara hewan karang dengan tumbuhan bersel satu yang dinamakan Zooxanthellae, sehingga karang mendapat makanan dari Zooxanthellae yang berfotosintesis. Alasan yang paling mendasar, mengapa karang dimasukkan ke dalam golongan hewan adalah karena karang tidak mampu membuat makanannya sendiri.

Selain itu dijabarkan pula cara perkembangbiakan karang, jenis-jenisnya, beberapa syarat agar terumbu karang dapat berkembang optimal, beserta ekosistem dan biota lain disekitarnya serta manfaat  terumbu karang bagi kehidupan manusia. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah bagaimana cara kita untuk menjaga agar keberlangsungan ekosistem terumbu karang tetap lestari!

 Bidang Pendidikan CRITC COREMAP II – LIPI juga berbagi hadiah bagi para peserta yang melontarkan pertanyaan, sebagai wujud kampanye atau sosialisasi terhadap pelestarian ekosistem pesisir laut melalui media buku,  komik, permainan juga cinderamata.

Melalui kegiatan ini, semoga upaya kita untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan bisa maksimal, karena Pramuka juga dikenal sebagai komunitas pecinta alam yang turut serta berpartisipasi dalam segala bentuk kepeduliannya terhadap pelestarian alam. (EF/DA)

Source : Bidang Edukasi CRITC

ARTIKEL LAINNYA

CRITC Akan Gelar Kontes Inovator Muda III
CRITC-LIPI Selesaikan Baseline Study 39 DPL di Biak Numfor dan Raja Ampat
30 Guru di Biak Menerima Sosialisasi Buku Pesisir dan Kelautan
INFO Buku : " Lamun dan Fauna Teluk Kuta, Pulau Lombok"
Sosialisasi Buku Pendidikan Pesisir dan Kelautan di Biak

<< Kembali