Login | Home | Kontak Kami | Buku Tamu
English Version   
Kebijakan
Strategi & Program

Perpustakaan
Referensi
Klipping
Proceeding
Bibliografi
Produk Coremap
Audio-Video
Photo

Metadata
Database Personal
Pelatihan
Kawasan Konservasi

Karang Batu
Karang Lunak
Sponge
Ikan Karang
Moluska
Echinodermata
Udang
Kepiting
Lamun
Rumput Laut
Mangrove

Education Series
Komik Edukasi

Baseline
Monitoring
Riset Agenda
CREEL
Konservasi Laut Daerah
Wisata Bahari

Kamus Karang
Daftar Singkatan
Panduan
Download
E-Book
 

















Anda Pengunjung ke

05889171

Sejak Mei 2007

STUDI BASELINE
2007 - Baseline Studi Ekologi di Kab. Bintan
15 Pebruari 2008

BS Ekologi BintanProgram COREMAP direncanakan berlangsung 15 tahun, yang dibagi menjadi 3 fase. Pada Fase II terjadi penambahan lokasi baru yang didanai oleh Asian Development Bank. Salah satu lokasi baru adalah Kabupaten Kepulauan Riau yang secara administratif masuk ke dalam Provinsi Riau. Lokasi terpilih mencakup wilayah Kecamatan Bintan Timur yang meliputi pesisir Desa Malang Rapat, Teluk Bakau, Kawal, Gunung Kuang, serta Pulau Gyn Besar dan P. Numbing.

Dilihat dari sumberdaya perairannya, Kabu-paten Kepulauan Riau memiliki potensi yang besar bila dikelola dengan baik. Perairan ini memiliki sejumlah ekosistem laut dangkal yang merupakan tempat hidup dan tempat memijah bagi ikan laut, seperti ekosistem mangrove, lamun, dan karang. Pesatnya pembangunan di segala bidang, serta krisis eko-nomi yang berkelanjutan, menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan pada lingkungan sekitar, khususnya lingkungan perairan.

Sebagai lokasi baru, studi baseline ekologi sangatlah diperlukan untuk mendapatkan data dasar ekologi dari lokasi tersebut, termasuk kondisi ekosistem terumbu karang, mangrove beserta lingkungannya. Diharapkan agar data yang terkumpul dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan oleh para pemangku kepen-tingan untuk mengelola terumbu karang se-cara lestari. Selain itu studi ini juga menetapkan beberapa transek permanen di lokasi baru untuk tujuan pemantauan di masa mendatang. Tersedianya data dasar hasil pe-mantauan dapat dijadikan bahan evaluasi penting bagi keberhasilan COREMAP.

Kegiatan penelitian dilakukan pada bulan April 2007. Lokasi penelitian adalah perairan pesisir Bintan Timur dan Pulau Numbing. Peta sementara diperoleh dari hasil inter-pretasi data citra digital Landsat 7 Enhanced Thematic Mapper Plus (Landsat ETM+). Titik penelitian (stasiun) dipilih secara acak sebagai sampel. Jumlah stasiun masing-masing kelompok berbeda sesuai dengan jumlah personil dan waktu yang tersedia. Namun diharapkan agar sampel yang terkumpul cukup dapat menggambarkan kondisi perairan yang diteliti.

Hasil pengamatan:

  • Hasil RRI mencatat tutupan karang di pesisir Bintan Timur (Pantai Trikora) lebih baik daripada yang terdapat di pesisir P. Gyn, P. Numbing dan sekitarnya.
  • Hasil LIT di 6 lokasi menunjukkan bahwa di 3 lokasi persentase tutupan karang masuk kategori “sedang”, 2 lokasi masuk kategori “baik”, dan satu lokasi masuk kategori “sangat baik” (KRIL 77). Persentase tutupan terendah didapatkan di stasiun KRIL 92.
  • Biota megabentos didominasi oleh CMR dan bulu babi Diadema setosum.
  • Di stasiun KRIL 77 nilai indeks keanekaragaman dan indeks kemerataan-nya rendah. Namun jumlah kelompok ikan kepe-kepe (ikan indikator) melimpah, dan hal ini sejalan dengan kondisi karang yang berkategori “baik” (72,10%).

Source : CRITC COREMAP-LIPI

Attachment(s)
NoFilenameSize
1 Baseline_Ekologi__Bintan_2007.pdf    1683745 bytes  

ARTIKEL LAINNYA

2007 - Baseline Studi Ekologi Batam
2007 - Baseline Studi Sosial Ekonomi Kab. Mentawai (Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat DI LOKASI COREMAP II, Desa Sikakap, Kab. Mentawai)
2007 - Baseline Studi Sosial Ekonomi Kab. Nias (Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Lokasi Coremap II , Kepulauan Hinako, Kab. Nias)
2007 - Baseline Studi Sosial Ekonomi Kab. Natuna (Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Lokasi Coremap II, Kawasan Bunguran Timur,Kab. Natuna)
2007 - Baseline Studi Sosial Ekonomi Kab. Bintan (Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Lokasi Coremap II , Desa Malang Rapat Dan Desa Gunung Kijang Kab.Bintan)

<< Kembali